Jumat, Maret 18, 2011

Kolaborasi Blues Dan Setan

Sebuah lagu berjudul Me And The Devil Blues karya Robert Johnson merupakan aplikasi dari perjanjian seorang American blues dan setan. Lagu yang dibuat oleh Johnson memang menceritakan tentang perjalanan dirinya, gitarnya dan pertemuan dengan setan untuk membuat suatu perjanjian dengan menjual jiwa untuk menjadi terkenal.

Robert Leroy Johnson (8 Mei 1911 - 16 Agustus 1938) adalah seorang penyanyi dan musisi Amerika blues. Rekaman dari 1936-1937 menampilkan kombinasi dari menyanyi, keterampilan gitar, dan bakat penulisan lagu yang telah mempengaruhi generasi berikutnya dari musisi. Teman fantasi Johnson, didokumentasikan sebagai makhluk yang buruk dan kematiannya pada usia 27 tahun telah mencuatkan banyak legenda, termasuk Faust mitos. Sebagai pemain keliling yang dimainkan sebagian besar di sudut jalan, di sendi juke, dan pada pertunjukan tari setiap Sabtu malam, Johnson menikmati kesuksesan dan pengakuan dari masyarakat tentang hidupnya.

Menurut legenda, sebagai pemuda yang tinggal di sebuah perkebunan di pedesaan Mississippi, Robert Johnson dicap dengan keinginan membara untuk menjadi musisi blues yang terkenal. Dia diperintah" untuk membawa gitarnya ke perempatan dekat perkebunan Dockery pada tengah malam. Di sana ia bertemu dengan seorang pria besar berkulit hitam ( Iblis ) yang mengambil gitar untuk disetel atau distem. Sang iblis memainkan beberapa lagu dan kemudian gitar dikembalikan ke Johnson. Hal ini membuatnya mengusai instrumen. Ini berlaku, sebuah kesepakatan dengan Iblis cerminan legenda Faust . Dalam transaksi jiwanya, Robert Johnson mampu menciptakan blues yang membuat ia menjadi terkenal.

Johnson meninggal pada tanggal 16 Agustus 1938, pada usia 27 tahun, dekat Greenwood, Mississippi . Dia telah bermain selama beberapa minggu di sebuah club tari negara di kota berjarak sekitar 15 mil (24 km) dari Greenwood. Berbeda catatan dan teori-teori mencoba untuk menjelaskan tentang peristiwa sebelum kematiannya. Sebuah cerita sering dikatakan bahwa satu malam Johnson mulai menggoda seorang wanita di sebuah club tari, istri dari juke si pemilik club. Menurut rumor, Wanita tersebut tidak menyadari bahwa sebotol wiski yang ia berikan kepada Johnson telah diracuni oleh suaminya.

Dalam versi lain, dia adalah seorang wanita yang sudah menikah tidak terkait dengan pemilik club. Johnson diduga ditawarkan botol wiski yang udah terbuka dan dicampur dengan strychnine . Fellow legenda blues Sonny Boy Williamson diduga menasihatinya jangan pernah minum dari botol yang ditawarkan yang sudah dibuka. Menurut Williamson, Johnson menjawab, "Jangan pernah mengetuk botol dari tanganku." Segera setelah itu, ia ditawari sebotol wiski terbuka, juga dicampur dengan strychnine, dan menerimanya. Johnson dilaporkan telah mulai merasa sakit sore hari setelah minum dari botol dan harus dibantu kembali ke kamarnya di pagi hari. Selama tiga hari berikutnya, kondisinya terus memburuk dan saksi melaporkan bahwa ia meninggal dalam keadaan kejang-kejang. Gejala sakit parah yang konsisten dengan keracunan strychnine.

Ini sebuah karya Robert Johnson yang melegenda "Me and the Devil Blues".

6 komentar:

  1. waaaaaaaaaaaaaah 4 jempol buat artikelnya bozz !!,
    :D :D

    http://www.bagollum.com

    BalasHapus
  2. waaaaa........thanx banget om bagolum

    BalasHapus
  3. Ini bukannya udah ada filmnya yh>>>???

    BalasHapus
  4. @rachmawaty: thanx mba tambahannya.....aku belom nonton ....boleh dong direfrensiin......

    BalasHapus
  5. @ivan kavalera: iya om musik blues...yang main gitarnya susah itu hehehe

    BalasHapus

Jadilah Yang Pertama berkomentar