Selasa, Maret 08, 2011

Penjelasan Ringkas Tentang Lead Berita

Salah satu bagian terpenting dari penulisan sebuah berita adalah Lead berita atau teras berita yang umumnya terletak pada paragraph pertama setelah judul.

Lead berita berfungsi untuk menjelaskan keseluruhan dari isi berita nantinya. Jadi diusahakan lead berita ditulis dengan ringkas, jelas, padat dan menarik sehingga membuat psikologi pembaca ingin melanjutkan membaca berita hingga ke isi berita.

Jika kita mengibaratkan sebuah berita menyerupai dengan sebuah toko baju maka lead berita adalah halaman luar toko yang akan dikemas semenarik mungkin dan bisa menjelaskan bahwa di dalam ruangan tersebut merupakan toko baju sehingga orang tertarik untuk masuk dan membeli atau sekedar melihat-lihat.

Jenis-jenis penulisan lead berita ada berbagai macamnya, namun hanya seputar jawaban dari 5W+1H, yang dapat disesuaikan nantinya dengan pertanyaan apa yang paling menarik dari berita tersebut. Namun jika yang akan ditulis adalah berita jenis feature maka jenis-jenis berita lempang di atas tidak mungkin dipakai, karena lead berita feature memiliki ke khasannya sendiri dalam menulis lead.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar