Selasa, Januari 02, 2024

Panduan Lengkap Liburan Glamping Tanakita Sukabumi: Rute, Ongkos Perjalanan & Biaya Penginapan

Teman-teman mungkin ada yang sedang ingin liburan, tapi masih bingung tujuannya. Saya coba kasih sebuah referensi panduan lengkap liburan glamping di Tanakita Sukabumi, Jawa Barat. Kebetulan saya baru wisata ke destinasi itu akhir Desember 2023 lalu. Saya akan coba paparkan juga ongkos perjalanan dengan kendaraan mobil & biaya penginapannya.

Saya tinggal di kawasan Cinere, Depok. Maka, saya akan coba paparkan sesuai pengalaman saya.

Panduan Lengkap Liburan Glamping Tanakita Sukabumi- Rute, Ongkos Perjalanan & Biaya Penginapan
Suasana Camp Tanakita Sukabumi - Situ Gunung

Ongkos Perjalanan
Saya berkendara menggunakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) tipe Datsun Go Panca buatan tahun 2017. Awal perjalanan, mobil tersebut sudah terisi bensin 4 bar. Untuk memastikan tidak ada kendala, saya mengisi bensin jenis pertalite sebesar Rp 150.000 di kawasan Cinere.

Lanjut masul Gerbang Tol Limo dengan tarif Rp 9.000. Di sini, kita akan terus mengikuti arah petunjuk jalan hingga pindah ke rute Tol Jagorawi. Seterusnya kita cukup mengikuti jalur tol ini. Dan lanjut hingga ketemu gerbang Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, di sini kita akan bayar lagi sebesar Rp 14.000 untuk kendaraan golongan satu. Terus saja mengikuti papan arah petunjuk hingga keluar di Sukabumi tepatnya di Cibadak / Parung Kuda.

Kita bisa melihat bahwa biaya tol sekali perjalanan adalah sebesar Rp 23.000. Artinya, jika pulang pergi kita perlu menyiapkan biaya tol sebesar Rp 46.000.

Tapi perlu diketahui. Perjalanan anda dari Parung Kuda menuju Tanakita masih panjang. Pengalaman saya masih sekitar 3-4 jam. Karena sepanjang jalur Kabupaten Sukabumi tersebut, kita akan menemukan berbagai macam kemacetan mulai dari persimpangan jalan dan pasar. Tapi nikmati saja, justru ini adalah esensi kenikmatan dari traveling perjalanan darat.

Kemacetan yang anda rasakan akan terbayar. Tepatnya, ketika anda tiba di pertigaan Alun-alun Cisaat. Artinya, anda sedikit lagi sampai ke lokasi Tanakita. Anda bisa langsung belok kiri menuju kawasan Situ Gunung.

Di sini anda akan disuguhi pemandangan indah. Rumah-rumah desa, sawah & perkebunan yang memanjakan mata. Jalannya bagus, jadi tidak perlu khawatir. Namun, anda perlu sedikit aware terhadap kondisi mesin mobil. Karena, anda akan berjalan terus menanjak dan ada beberapa tanjakan sangat miring sehingga butuh tenaga mesin yang kuat.

Setelah kira-kira satu jam perjalanan dari Alun-alun Cisaat, anda akan menemukan gerbang Kawasan Wisata Situ Gunung. Artinya, Tanakita sudah ada di depan mata. Anda cukup melapor ke petugas gerbang bahwa anda adalah tamu Tanakita. Maka, Anda akan dibantu pengarahan menuju ke titik tempat anda akan berlibur menikmati alam Sukabumi, tepatnya di bawah lereng kaki Gunung Gede - Pangrango.

Biaya Penginapan

Sejujurnya, saya sudah tiga kali menginap di Tanakita. Pertama sekitar tahun 2012, kalau tidak salah saat itu ada acara ulang tahun Ruang Rupa (sekarang Gudskul). Kedua, sekitar tahun 2019 bersama kedua orang tua. Ketiga, malam tahun baru 2023 kemarin. Ternyata biayanya belum banyk berubah seingat saya. Tapi saat malam tahun baru kemarin memang sedikit lebih mahal karena ada acara.

Biaya Hari Biasa - Rp 550.000 / Orang / Malam + PPN 10%. Biaya keseluruhan = Rp 605.000
Biaya Malam Tahun Baru - Rp 750.000 / Orang / Malam + PPN 10%. Biaya keseluruhan = Rp 825.000

Saya pribadi selalu merasa sangat puas menginap di Tanakita. Dengan biaya tersebut, saya mendapat service berupa:
  • 1 tenda untuk berdua dan terasa luas lengkap dengan lampu penerangan serta terminal listrik untuk charge HP dan alat elettronik lainnya.
  • Konsumsi Hari Pertama
  1. Snack pisang goreng & singkong goreng.
  2. Kami dapat makan malam berbentuk prasmanan Sunda dengan menu ikan bakar, ayam bakar, sayur capcay, perkedel, kerupuk, sambal & buah-buahan. Kita dapat makan sepuasnya. Namun, ambil saja secukupnya. Jangan malu-maluin ambil sebanyak-banyaknya padahal tidak habis dan terbuang.
  3. Setelah itu, Tanakita menyediakan sekuteng, roti bakar, sate ayam, sate kambing, sate bakso & sate sosis. Kita bisa makan sepuasnya, petugas menyediakan dalam jumlah banyak.
  • Konsumsi Hari Kedua
  1. Pagi hari kita mendapat snack pagi berupa pisang goreng & singkong goreng.
  2. Lalu kita mendapat prasmanan sarapan dengan menu nasi uduk, semur daging, orek tempe, telur dadar, sambal, kerupuk & aneka buah.
  3. Dan masih ada lagi makan terakhir jam 12 siang sebelum pulang juga prasmanan. Kali ini kita dapat menu sayur lodeh, ayam goreng, tahu goreng, teri kacang, sambel, kerupuk & aneka buah.
  • Entertainment
  1. Pada malam pertama, kami disuguhi live musik sepanjang malam hingga pergantian tahun. Musiknya sangat syahdu dan seru. Banyak pengunjung juga berbagi suara dan berdansa di depan panggung.
  2. Tepat malam tahun baru, kami mendapat hiburan pesta kembang api yang sangat meriah.
  3. Besoknya, kita bisa berwisata ke Danau Situ Gunung secara gratis. Atau juga bisa memasuki kawasan wisata berbayar sekitar Rp 100.000 / orang. Kita akan mendapat guide untuk menjelajahi Jembatan Gantung Situ Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter itu. Juga menaiki Keranjang Sultan, Air Terjun Purba & Jembatan Merah. Jangan lupa untuk berswafoto di setiap lokasinya.
Sekarang sudah kebayang ya berapa ongkos perjalanan & biaya penginapan ke Tanakita. Destinasi ini sangat bagus untuk liburan keluarga, dengan teman-teman dekat atau berpasangan.

Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar