Kamis, November 18, 2010

Bangsa Yang Kalah



Pada suatu waktu, entah hari apa jam berapa gw dan pacar gw main ke Margocity Depok. Bingung mau ngapain, menurut gw aktivitas yang ditawarkan di sini semuanya sudah basi, semua Mall juga kayak begini. Kalo kata pacar gw sih “namanya juga tempat belanja Lus, ya isinya gini-gini aja”. Daripada bosan pacar gw langsung aja narik gw untuk nongkrong di J.Co. kayaknya itu tempat yang asik untuk nongkrong.

Setelah ngantri beberapa menit untuk beberapa potong donut dan dua cup yogurt dengan bermacam-macam toping barulah kita bisa menikmati hidangan tersebut sambil bergombal ria dengan pacar tersayang. He…
Menit demi menit gw ngobrol-ngobrol tepatnya sudah donut yang ketiga untuk mengisi lambung. Tiba-tiba pacar gw komentar, “Lus! J.Co. Rame banget ya, orang-orang sampe ngantri gitu. Padahal cuma mau makan donut.” Huekgkgk…..juga secara tiba-tiba donut ketiga yang kepalang tanggung sudah gw kunyah bahkan di ujung tanduk nyaris gw telan jadi keluar semua. Gw jadi kaget dan akhirnya sadar sama kenyataan tersebut.
Alhasil gw jadi termenung sejenak. WHAT HAPPEN AYA NAON?? Segitu hebatkah donut? Mungkinkah ada sihirnya? Kenapa gak ada orang bule yang rela ngantri untuk beberapa potong risol dan dua gelas wedang jahe? Apa benar bangsa kita adalah bangsa yang kalah? Mudah-mudahan gw salah, tapi kenyataannya budaya kita tereliminasi. Gaya hidup dan selera lidah kita sudah menyerupai orang bule. Gak percaya? Tanya diri lw sendiri. Pilih mana, Pizza atau Bika Ambon?Jawab sendiri dan jangan bohong sama diri sendiri.
Lanjut Bang….!!! Gw Perhatikan sekeliling gw. Banyak anak muda khususnya wanita kelakuannya mulai aneh (mungkin gw orang katro, biarin gw suka jadi orang katro). Mereka pakai hotpant, kaos ketat dan terbuka bahkan beberapa diantaranya ada yang berani banget pakai tanktop terus jalan-jalan. Jujur sih enak banget ngeliatnya tapi jangan yang betisnya korengan (kena knalpot Mio waktu jalan-jalan sore). Kalau yang cowo lagi eksis banget pake Sneakers Nike, kaos superhero, celana pensil, topi yang dipakai setengah aja dan kaca mata guede, pokoknya Pee Wee Guskin abis deh, Kalo di IISIP liat aja anak-anak Kampung Segart (he….maaf ya).
Munculah pertanyaan (jeng…jeng…jeng…). Di mana orang Indonesia? Semua bukan orang Indonesia. Kok gak ada orang Indonesia di Indonesia (ironis ya). Orang Indonesia itu sopan, gk pake hotpant, gk pake tanktop, gk pake legging, gk pake kaos ketat, gk doyan spagethi, gk dengerin Black Eyed Peas, gk ngomong confuse jika sedang bingung (aduh gw confuse nih), gak dugem setiap malam kamis, dan yang terakhir Orang Indonesia adalah Iwan Fals, bukan Bob Marley atau Jason Mraz, orang Indonesia adalah Waljinah bukan Manohara apalagi Cinta Laura.
Dengan menghentak, serentak tanpa bentak-bentak (biar kayak raper) pacar gw mencela. “Sekarang eranya Demokrasi Lus, orang mau jadi apa terserah dia. Orang Indo mau jadi orang bule kek, orang Jepang kek, orang Arab kek atau orang-orangan sawah sekalipun terserah dia, asal mereka gk ganggu lw.”.

Owh…Demokrasi ini ya??!! Orang Indonesia bisa jadi orang-orangan sawah.

Untung Soekarno dah wafat. Seandainya beliau masih hidup pasti beliau nangis darah ngeliat rakyatnya kayak orang-orangan sawah yang bisa didandanin terserah si penguasa atas dirinya.

Jadi begini teman-teman!!! Hati-hati dengan serangan westernisasi yang memang sudah dimulai sejak zaman kolonial. Kode westernisasi modern adalah 3F yaitu, food, film dan fashion. Kenapa harus kita waspadai? Selain merusak iman lama-kelamaan baju batik, nasi uduk, gamelan dan karya-karya asli dalam negri lainnya bisa-bisa tinggal sejarah.

LOVE INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar