Kamis, April 21, 2011

Pengertian Berita

Setiap hari manusia-manusia mengkonsumsi berita, hal ini dilakukan karena manusia memiliki naluri ingin tahu yang tinggi. Informasi yang dicari sangat beragam, bisa tentang ekonomi, bencana alam, politik, agama, lowongan kerja, hingga resep memasak. Nah semua kebutuhan ini harus terpenuhi.


Sesungguhnya kita semua pasti tahu apa itu berita, namun apakah kita betul-betul tahu tentang pengertian berita? Dalam sebuah buku berjudul "Dasar-Dasar Jurnalistik" A.M. Hoeta Soehoet mengatakan bahwa (1)berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia, (2)berita bagi seseorang adalah keterangan mengenai suatu peristiwa atau isi pernyataan seseorang yang menurutnya perlu diketahui untuk mewujudkan filsafat hidupnya dan (3)berita bagi suatu suratkabar adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan yang perlu bagi pembacanya untuk mewujudkan filsafat hidupnya.

Setiap hari suratkabar memuat berbagai macam berita untuk memenuhi naluri ingin tahu pembacanya. Pemenuhan naluri ingin tahu ini perlu bagi pembaca untuk mewujudkan falsafah dan konsepsi kebahagiaannya. Filsafat hidup dan dan konsepsi kebahagiaan para manusia tidak semuanya sama. Jadi, tidak semua berita berita yang terbit di suratkabar dianggap perlu bagi pembacanya.

4 komentar:

  1. jadi laper,,, berita tidak mengenyangkan

    wkwkwkwkwkwkwk

    kaboooooooooooooooooooooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwkwkw ada yg laper baca berita, wah ini harus saya baca malem2 ni masih sore sih jadi kurang bisa dihayati wkwkwww

    BalasHapus

Jadilah Yang Pertama berkomentar