Rabu, Mei 25, 2011

SOSIOLOGI KOMUNIKASI

Dalam Sosiologi komunikasi (Baca juga: Kegunaan Belajar Sosiologi Komunikasi), Fakta Sosial. berarti pranata sosial yang mencakup cara –cara bertingkah laku dan bersikap yang diketemukan pada individu di dalam pergaulan hidup yang kemudian menjadi bagian dari kehidupannya. Fakta Sosial bukanlah hanya sekedar fakta dari kegiatan-kegiatan sehari-hari sebagai sebuah gejala sosial.


Dalam Sosiologi komunikasi , Fakta Sosial. berarti pranata sosial yang mencakup cara –cara bertingkah laku dan bersikap yang diketemukan pada individu di dalam pergaulan hidup yang kemudian menjadi bagian dari kehidupannya.
Sumber: Freepik

Pengaruh iklan dalam media cetak ataupun audio visual bias di nyatakan cukup mempengaruhi salah satu contoh, di New Delhi. Seorang pemuda berusia 26 tahun menggugat perusahaan HUL (Hindustan Unilever Limited), yang memasarkan produk perawatan pria dengan merk dagang Axe, dengan tuduhan telah menipu dan menyebabkan ‘penderitaan mental’. Penggugat menyebutkan kegagalannya untuk menarik gadis manapun meskipun dia telah menggunakan produk Axe selama lebih dari tujuh tahun sampai sekarang. Iklan Axe menunjukkan bahwa produk-produk itu membantu kaum pria untuk bisa langsung menarik wanita.

Iklan produk Axe telah berhasil membentuk pola fikir terhadap seorang pemuda hingga ia befikiran bahwa dengan memakai produk dari Axe dia si pemuda dapat menarik perhatian wanita. Dengan demikian Fakta Sosial, terjadi ketika pola fikir, pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat terpengaruh dengan pesan yang di sajikan oleh media tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar