Senin, Januari 08, 2018

Materi Cara Jualan: Cara Membangun Sosial Media Dari Nol

Selamat malam, salam kenal teman-teman semua, saya Lulus Gita Samudra, tukang bikin sekaligus beresin program-program di Dagelan.

Langsung aja ya. By the way, aku pertama kali di kasih brif sama Fikri adalah bisa gak sharing cara bangun social media dari nol dan kemudian jadi sesuatu (media) yang cukup dilirik oleh banyak orang sehingga memiliki banyak followers dari waktu ke waktu.



Materi Cara Jualan: Cara Membangun Sosial Media Dari Nol
Instagram Cara Jualan

Yowes, aku jawab. Aku coba share aja pengetahuan aku tentang Dagelan dan bagaimana pengalaman aku selama berkontribusi di Dagelan ya.
. . .
Fikri jawab, ya menarik banget tuh.
. . .
Oke aku langsung aja ke materi kita hari ini
. . .
Saya tidak akan bercerita tentang sejarah Dagelan. Tapi akan lansung ke part-part utama yang membentuk Dagelan. Artinya, part-part tersebut adalah unsur dasar penciptaan sebuah media di Instgram.
. . .
WHAT WE NEED?

1. Produk:
Cari tahu dan tentukan jenis produk (Produk dalam hal ini konten atau materi yang akan di post) apa yang akan kamu share/bagikan/post ke media tersebut.
Dagelan secara sadar memilih produk/konten hiburan. Sehingga sejak posting pertama dan selanjutnya, semua konten dalam media (Instagram Dagelan) semua adalah konten hiburan seperti video lucu, meme, video amazing talent, hal-hal berbau cute/imut seperti anjing dan kucing, dan banyak lagi yang bersifat membuat orang senang.

2. Branding
Perlu sedikit dijelaskan, produk akan selalu berkaitan atau didefinisikan sebagai fungsi. Misal, The Sari Wangi secara fungsi adalah minuman berbahan dasar teh.

Tapi branding memiliki makna berbeda. Branding selalu berkaitan atau didefinisikan sebagai bentuk emosi (bersangkutan dengan perasaan). Dalam kasus The Sari Wangi, teh menjadi “Teman dalam keharminasian keluarga”. Kita perlu menggarisbahawi kata Teman.


Kembali ke kasus Dagelan. Branding Dagelan adalag sahabat dalam berbagi keceriaan – kita punya slogan Fun Friend For Growing. Dampak, dari branding itu sendiri membuat Dagelan setiap hari kebanjiran konten lewat tag dan email dari contributor yang ingin berbagi keceriaan dengan orang lain.

Jadi kita semua wajib juga menentukan, brand media/produk yang akan kita pasarkan ke masyarakat.

3. Program
Setelah kita mengenai jenis produk/konten yang akan kita post dan kita telah menemukan brand dari media/produk tersebut.

Maka yang kita butuhkan adalah program.
Prorgam konten pada umumnya dapat dibagi dua yaitu:

A. Konten regular:

. . .
Karakteristik platform:
Misal, dalam Instagram kita bisa posting video dan image berbentuk (square dan tinggi dengan ukuran tertentu).
Caption:
Dalam Instagram kamu dapat memanfaatlan caption sebagai alat penguat nilai dari konten (video atau imgae) yang kamu posting. Ada sebuah clue tentang caption yang efektif mecintpatakan engagement taitu CTA (Call To Action).
Contohnya:
Bener gak shay?
Tag temen lo!
. . .


TIME
Mengenai time, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kuota posting
Kuota posting: Dagelan disiplin pada jumlah/kuota posting sebanyak 20 konten per hari sejak jam 7 pagi hingga jam 12 malam. Konten pagi berupa quotes penyemangat hari – siang hingga malam bergerak ke konten entertainment – malam (terakhir) konten penutup mimpi indah.
Mengenai time, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah penentuan prime time (atau jam sibuk):
Dagelan mementukan jam sibuk pada jam 12 siang dan jam 7 malam. Posting pada jam tersebut umumnya diperuntukan pada konten unggulan (konten yang dianggap paling menarik).
B. Special Konten/Special Campaign
Special konten atau special campaign dalam menjadi alat interkasi lebih dalam dengan audience (followers) sehingga mereka terus terikat secara emotional dengan si media
Dagelan memiliki program special campaign sebanyak 4 kali dalam sebulan atau artinya seminggu sekali.
Seperti apa special campaign dalam Dagelan?
Apakah teman-teman pernah mendengar #DagelanBabySharkChallenge meme #KZLBatGue atau meme #DagelanSoldOut dan banyak lagi. Jika pernah ya itu yang aku maksud dengan special campaign.
Mari
. . .
Secara formula, Special Campaign perlu menggunakan/menyertakan beberapa factor pendekatan dalam konten, yaitu:

A. Emotional: seperti perasaan senang, gembira, dan sebagainya
B. Interaktif: Konten secara softsell (Tanpa audience sadari) mereka merasa terajak/diajak membuat konten serupa
C. Replicable: Konten mudah ditiru oleh audience
D. Shareable: Konten memiliki kekuatan yang membuat audience ingin menyebarkan (share) ke berbagai social media mereka yang lain (Misal grup wasap keluarga dan lainnya).
Note:
Special Campaign akan menciptakan trending baru di social media. Dan public secara luas akan menilai, akun kamu adalah pencetus dari keberadaan trending tersebut. AKhirnya, media kamu memiliki kredibilitas yang baik di mata public. Dan semakin banyak orang ingin jadi followers akun kamu.

COMMUNITY
Carilah partner komunitas sebanyak-banyaknya. Mereka akan menjadi followers kamu seklagius brand ambassador baik secara offline dan online. Dagelan, punya partner komunitas yatitu Komikinajah, Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, Vescation, 1000 Guru, dan banyak lagi.

ok jadi saya akan coba jelaskan awal berdirinya mensociete kali yah.
jadi awalnya itu saya mengambil barang namanya UMBRE WATERPROOF, spray anti air gitu untuk sneakers. karena kebetulan juga saya seneng dengan sneakers. jujur begitu saya ambil barang itu, kuantitinya lumayan banyak. sekitar 1000 pcs

awalnya saya test jualan umbre itu dengan akun biasa, cuma untuk display barang, namanya @umbrejakarta
tapi setelah berjalan sekitar 1 minggu, barang belum ada yang laku :(

akhirnya saya memutuskan untuk ganti nama, jujur saya ATM (amati tiru modifikasi) beberapa akun cowo. kenapa akun cowo? karena bagi saya mudah untuk menarik minat cowo, karena untuk menarik minat cewe, saya harus belajar breakdown lagi interest mereka

saya ambilah nama men societe, terinspirasi dari men society, sedikit saya plesetkan hehehe

dulu saya testing dengan perbandingan 1:2
1 content engagement
2 content iklan

Lanjut, Setelah kita semua melaksanakan semua part di atas maka yang kita butuhkan selanjutnya adalah


TERIMA KASIH

Semua metode di atas telah saya aplikasikan pada beberapa akun yang dimulai dari nol yaitu,
@memeinajah: 296k followers
@nonafema: 18.6k followers

DAGELAN REGIONAL:
@dagelankalsel: 15.5k followers
@dagelanyogyakarta:12.6k followers
@dagelan_jatim: 22.2k followers
@dagelanjabodetabek: 10.2k followers
@dagelan.sumut: 14.8k followers
@dagelan.jabar: 18.5k followers

Khusus Dagelan Regional baru berjalan 1 bulan terakhir ini.

Sekian dan Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah Yang Pertama berkomentar